#PARTofNonaRara : Penjahit di Balik Apiknya Model Nona Rara Batik

#PARTofNonaRara : Penjahit di Balik Apiknya Model Batik Nona Rara Batik - Baju-baju cantik Nona Rara bisa sampai ke tangan JengSis tentunya tak lepas dari kerja keras salah satu bagian Nona Rara, yaitu tim penjahit. Pak Kusnin dan timnya adalah orang di balik baju batik Nona Rara yang apik dengan jahitan rapi. Mari kita intip kisah penjahit Nona Rara ini yuk, Jengsis!

Sering kali terdengar sebuah pepatah "pengalaman adalah guru terbaik”. Kalimat ini punya banyak makna bagi Pak Kusnin, karena menurutnya hidup ini dibutuhkan bekal pengalaman agar dapat dijalani dengan baik. Belajar cari pengalaman itu penting, karena dengan pengalaman kita tahu ke mana arah (hidup) kita,” ujar Pak Kusnin, salah satu penjahit andalan Nona Rara. 

Pengalaman 23 tahun jatuh bangun di dunia konveksi, menuntun Pak Kusnin menjadi penjahit yang andal. Kini, beliau bekerja sama dengan Nona Rara memimpin belasan penjahit lainnya. Memang beliau tak lagi menjahit, namun turut melakukan supervisi dan masih turun tangan memotong pola. 

Keapikan potongan dan jahitan baju Nona Rara adalah buah nyata pengalaman Pak Kusnin sebagai penjahit yang lihai mengutak-atik pola. Awalnya karena dulu suka menjahit seragam guru, beliau memperhatikan bagaimana guru harus terlihat rapi saat berdiam dan nyaman ketika mengajar. “Guru harus nyaman menulis di papan tulis, makanya saya otak-atik 1-2 cm di sekitar ketiak dan bahu, tidak seperti pola biasa,” katanya. Memperhatikan guru menjadi sumber pembelajaran Pak Kusnin, tak habis jasa para guru untuk Nona Rara. 

 

Dalam mengembangkan usahanya, Pak Kusnin juga memperhatikan produktivitas penjahitnya. Beliau percaya para penjahitnya harus menggunakan mesin terbaik dan langsung diganti ketika dirasa mulai melambat, agar hasil jahitan tetap maksimal. Namun, tak semua harus baru. “Mesin harus sehati dengan penjahit. Kalau sudah nyaman (bersama) mesinnya, meskipun rusak-rusak dikit, ya nggak apa-apa, dipakai terus,” katanya sambil menunjuk salah satu mesin jahit yang lebih tua dari yang lainnya.

Menurut Pak Kusnin, selain pengalaman, kunci keberhasilan beliau dalam bekerja juga selalu memegang nilai kejujuran. Nilai kejujuran itulah yang membuahkan pencapaian usaha Pak Kusnin naik daun. Dirinya kedatangan banyak pelanggan yang silih berganti seiring berjalannya waktu.Tentunya, beliau juga berhasil bekerja sama dengan jenama lokal Nona Rara Batik berkat nilai kejujuran yang beliau pegang teguh. 

Pengalaman juga turut menjadi kunci keberhasilan tim penjahit Nona Rara Batik. Beliau dan timnya kini dapat memberikan kualitas jahitan dan model terbaik hingga sampai ke tangan JengSis. Tentunya kami selalu senang dan bersyukur ketika mendapati ulasan dari JengSis tentang apiknya model baju dengan jahitan yang rapi dari Nona Rara Batik. Itu semua tak terlepas dari kerja handal tim penjahit kami, bagian dari Nona Rara.